Para Pemuda Generasi Bangsa...
Mari kita tanamkan pada diri tentang sebuah cinta
cinta pada kebudayaan dan warisan nenek moyang kita
agar tetap lestari dan tidak punah diklaim negara tetangga
hingga abadi dalam ruang khatulistiwa
senantiasa mengakar pada anak cucu kita

Sahabat Banten yg ada di daerah mana saja
Mari kita jaga budaya dengan penuh semangat baja..^^

Selasa, 03 April 2012

BATIK BADUY, BATIK KHAS BANTEN




Banten adalah provinsi yang dikenal dengan suku baduy. Suku Baduy ini adalah suku yang masih bertahan dengan adat istiadatnya yang kental. Nah, ternyata pertahanan terhadap adat inilah yang membuat suku tersebut unik dan menarik. Selain itu, kebudayaan dan kerajinan mereka menjadikan mereka kaya dari nilai filosofis sejarah.

Salah satu kebudayaan mereka adalah batik khas baduy yang memiliki warna yang khas yaitu biru hitam. Batik ini telah menjadi tren saat ini. Popularitas batik khas Baduy ini tidak kalah jauh dengan Batik khas provinsi lain, seperti Batik Solo, Batik Pekalongan, dan Batik-batik lainnya. Saat ini, banyak yang mengenakan batik ini di berbagai wilayah Banten, baik dalam kalangan muda maupun tua, dalam situasi formal maupun non formal. Batik baduy ini merupakan Batik Khas Banten yang menjadi fenomenal di Indonesia.

Cocok digunakan Pria atau Wanita

Batik Khas Banten yang merupakan kebudayaan suku Baduy (suku di provinsi Banten) ini ternyata memang pas dengan siapa saja. Batik ini cocok dipakai oleh pria maupun wanita dengan modifikasi desain yang sangat beragam.

Jika Anda merupakan warga Banten, maka sudah seharusnya Anda memiliki pakaian dari Batik Baduy ini. Karena hal itu menunjukkan bahwa Anda sangat mencintai kebudayaan Anda sendiri. Itu pun membuat kita terlihat bangga dengan produk yang dihasilkan oleh masyarakat kita. Seharusnya, kita pun tak hanya memakai, tetapi juga melestarikannya dan memperkenalkan kepada masyarakat luas secara global yang tak hanya di Indonesia, namun juga ke seluruh dunia.
Motif warna batik Baduy tidak kalah dengan batik-batik dari Jawa Tengah, seperti Pekalangon, Solo, maupun Yogyakarta. Batik Baduy memiliki kekhasan tersendiri melalui warna yang didominasi hitam dan biru itu. Warna tersebut tentu memiliki makna dan arti tersendiri bagi warga Baduy untuk mencintai alam karena kehidupan mereka dari bercocok tanam.

Selain itu, wanita yang berkulit putih sangat cocok menggunakan batik Baduy. Icah (30), seorang PNS di Pemkab Lebak mengaku dirinya sangat tertarik memakai batik Baduy pada Kamis dan Jumat karena diwajibkan menggunakan batik. Sebab memakai batik Baduy sama dengan mencintai produk-produk dalam negeri. 
Bahkan, dia juga mengoleksi pakaian batik Baduy untuk keperluan undangan atau pertemuan keluarga. “Kami sangat mencintai batik Baduy karena corak warna biru dan hitam sehingga terlihat lebih percaya ciri,” katanya.
Lalu, bagaimana dengan Anda ??
Berminat untuk memiliki Batik Baduy ???
Jika Anda berminat tetapi sulit mencari toko yang menjual Batik Khas Banten ini. Silahkan hubungi kami... 
BANTEN AGENG SOUVENIRPusat Souvenir Khas Banten Terlengkap

Call Me  : 08777 440 2929
Add Me : Banten Ageng Souvenir

4 komentar: